Cara Membersihkan Granit Dari Debu Mudah dan Efektif - Surabaya Marmer, Surabaya Granit, Jual Granit Surabaya, Supplier Granit Surabaya, Supplier Marmer

Cara Membersihkan Granit Dari Debu Mudah dan Efektif

Cara membersihkan granit dari debu dapat dilakukan dengan berbagai cara mudah dan simple namun hasilnya dipastikan dapat memuaskan. Granit memiliki sifat sensitif sehingga jika dibersihkan tidak hati-hati atau dengan cairan yang tidak semestinya maka kualitasnya akan menurun bahkan akan mengalami kerusakan seperti permukaan granit tergerus atau penuh dengan goresan.
Cara Membersihkan Granit Dari Debu
Setelah beberapa waktu pemasangan granit pada lantai khususnya, kebanyakan tampilan granit tidak semengkilap pada saat pertama kali dipasang. Hal ini terjadi jika granit tidak dirawat dan dibersihkan secara berkala. Berikut ini adalah beberapa cara merawat batu granit dan menjaga kebersihannya agar selalu tampak kinclong.
-          Membersihkan lantai granit setiap hari
Cara yang pertama dalam menjaga kebersihan lantai granit adalah dengan membersihkan lantai granit setiap hari. Langkah ini dapat dilakukan seperti halnya mengepel lantai pada umumnya. Idealnya, saat membersihkan lantai granit dengan kain pel, cairan pembersih yang digunakan adalah yang khusus untuk kebersihan granit sehingga tidak memicu kerusakan granit. Namun jika tidak memiliki cairan khusus tersebut, pembersihan rutin setiap hari dapat dilakukan dengan air bersih biasa dengan kain pel. Setidaknya lagkah tersebut dapat selalu menjaga kebersihan granit dan terbebas dari debu.
-          Membersihkan debu dengan alat yang tidak menimbulkan goresan
Peralatan yang digunakan untuk membeaskan debu dari lantai granit haruslah peralatan yang memang aman untuk digunakan. Aman disini adalah tidak menimbulkan goresan atau kerusakan. Untuk membersihkan lantai granit terutama dari debu, hindari peralatan yang dapat memicu pengikisan pada permukaan granit atau yang dapat menimbulkan goresan. Gunakan peralatan dengan tekstur halus seperti kain, spons, tisu atau yang lainnya.
-          Menggunakan beberapa bahan yang aman untuk membersihkan noda
Cara membersihkan granit dari noda dapat dilakukan setelah membebaskannya dari debu kotoran. Jika waktu sudah mendesak dan tidak sempat untuk membeli cairan atau serbuk khusus pembersih lantai granit, ana dapat mengalikasikan beberapa campuran bahan pembersih yang mudah dibuat namun dapat membebaskan granit dari berbagai noda secara efektif. Beberapa bahan pembersih granit yang mudah dibuat sendiri antara lain.
1.      Baking soda
Tidak hanya digunakan sebagai salah satu bahan pembuat makanan saja, baking soda dapat bekerja aktif dalam menghilangkan noda pada permukaan lantai granit. Cara pengaplikasiannya sangat mudah yakni tinggal buat baking soda menjadi pasta lalu oleskan pada noda yang memnbadel dan biarkan semalaman. Kemudian bials dengan air sampai bersih keesokan harinya.
2.      Sabun cuci piring cair
Sabun cuci piring juga dapat dijadikan pilihan bahan yang mudah dipalikasikan dan hasilnya memuaskan. Caranya mudah yakni tinggal mencampur air hangat dan sabun caior secukupnya dalam ember. Setelah itu pel permukaan lantai granit yang kotor seperti mengepel lantai biasa. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih dan keringkan dengan kain mikrofiber atau kain bertekstur halus lainnya. langkah ini sangat ideal dan simple untuk dilakukan.
-          Mengaplikasikan cairan penghilang noda dan pengkilap
Untuk menjaga kilap granit, sangat diperlukan cara membersihkan granit agar kinclong dengan cairan atau serbuk khusus yang dapat diperoleh di berbagai toko. Lantai granot khususnya yang memiliki mobilitas dan kegiatan tinggi di atasnya akan mudah kehilangan kilapnya karena ksuam yang disebabkan oleh gesekan atau goresan. Untuk mengembalikan kilap granit, yang perlu dilakukan adalah mengoleskan cairan atau serbuk pengkilap secara rutin minimal satu kali dalam seminggu. Lebih hati-hatilah dalam memilih cairan atau serbuk pengkilap granit karena jika salah dalam memilih, maka bukannya granit terlihat mengkilap namun justru akan memicu kerusakan permukaan granit yang bsia saja terkikis. Dengan mengaplikasikan obat pengkilap granit yang berbentuk cairan atau serbuk secara rutin, kilauan lantai granit akan selalu terpancar dan memukau.
-          Memoles granit secara berkala
Tak hanya pemberian pengkilap pada permukaan langai granit saja, namun proses pemolesan lantai granit juga harus dilakukan secara rutin dan berkala. Saat lantai granit terlihat sangat kusam, banyak sekali goresan sana-sini dan sulit dihilangkan atau dikembalikan seperti semula, maka langkah poles wajib dilakukan. Selain menggunakan cairan khusus pemoles untuk mengembalikan kilap granit, Anda juga dapat mengembalikan kilauannya dengan pasta baking soda yang dioleskan ke seluruh permukaan lantai granit. Cara membuat pasta baking soda sangat mudah yakni dengan mencampur bubuk baking soda dengan air secukupnya. Kemudian campur dan aduk sampai rata. Setelah diloleskan secara rata pada permukaan granit, diamkan beberapa menit kemudian ratakan dengan kain halus yang kering. Baru setelahnya bilas dengan air sampai bersih.
Ternyata cara membersihkan granit dari debu tidak sesulit yang dibayangkan. Meskipun tergolong dalam batu alam yang memiliki sensitivitas tinggi, namun jika penanganan dalam menjaga kebersihan dilakukan dengan tepat maka tampilannya akan selalu memukau.

No comments:

Post a Comment

About Us

SURABAYA MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit Surabaya dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: suppliermarmergranit@gmail.com



Popular Posts

Hubungi Kami