Cara Membersihkan Meja Marmer di Dapur - Surabaya Marmer, Surabaya Granit, Jual Granit Surabaya, Supplier Granit Surabaya, Supplier Marmer

Cara Membersihkan Meja Marmer di Dapur

Cara membersihkan meja marmer mungkin banyak yang tidak mengetahuinya. Sehingga banyak yang membersihkan meja marmer dengan cara-cara yang salah. Padahal meja marmer adalah meja yang berbeda dengan meja biasa, sehingga perlakuannya juga harus berbeda.

Jenis Noda yang Biasa Menempel pada Meja Marmer
Biasanya meja marmer adalah meja dapur, sehingga akan ada banyak noda dari dapur yang mengurangi kualitas dan keindahan marmer. Beberapa jenis noda yang biasa menempel pada meja marmer antara lain:
·         Noda makanan dan minuman
Sudah barang pasti jika meja dapur sering terkena noda bekas makanan atau minuman. Entah itu makanan yang sudah jadi atau makanan yang masih diolah. Noda makanan dan minuman seperti teh dan kopi akan mengganggu keindahan marmer. Kadang noda makanan atau minuman ini juga bisa meninggalkan bekas.
·         Noda minyak
Saat memasak, kadang minyak bisa saja tumpah atau menyiprat ke bagian meja maupun lantai marmer. Noda minyak, apalagi minyak panas, akan menciptakan bekas yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, memasang meja marmer di dapur harus diimbangi dengan perawatan dan pembersihan yang tepat.
·         Noda tinta
Saat menulis resep atau meletakkan buku resep di dapur, bisa saja ada tinta yang mengotori meja dapur. Karena marmer memiliki sifat yang menyerap cairan, maka tinta bisa berbahaya karena bisa memberikan bekas.
·         Goresan dengan perabot
Jika meja aman dari noda, bahaya lain masih bisa datang, yaitu dari goresan dengan perabotan seperti bagian bawah gelas, piring, sendok, garpu, spatula, dan sebagainya. Oleh sebab itu, selalu berhati-hatilah dalam meletakkan peralatan makan di meja marmer.
Cara Membersihkan Meja Marmer dari Noda
Untuk membersihkan noda pada meja marmer di dapur, usahakan untuk tidak menggunakan cairan pembersih marmer kimia yang berbahaya, karena dapur adalah tempat asal makanan yang akan dikonsumsi oleh anggota keluarga. Sehingga, dapur harus steril dari bahan kimia yang berbahaya. Beberapa rekomendasi berikut ini mungkin bisa membantu.
1.      Amonia
Cara membersihkan marmer yang aman untuk meja dapur adalah dengan menggunakan amonia. Amonia adalah bahan bersifat basa yang mampu menetralisir kandungan marmer sehingga tidak akan merusak lapisannya. Caranya adalah dengan membuat larutan amonia yang dibuat dengan mencampurkan 1 sendok makan amonia dengan 1 gelas air bersih dingin. Aduk air dengan amonia hingga tercampur rata dan gunakan larutan itu untuk membersihkan noda pada meja marmer di dapur. Usap secara lembut dan perlahan. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih. Segera keringkan bagian yang basah dengan kain kering. Amonia bisa membantu membersihkan noda lemak dari sisa makanan dan minuman serta noda minyak di dapur.
2.      Deterjen cair
Deterjen cair bisa menghilangkan noda membandel dari pakaian. Sifat ini juga bisa menjadi sifat yang baik untuk membersihkan noda pada meja marmer. Selain itu, deterjen cair juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan di meja dapur. Campurkan saja 1 sendok teh deterjen dengan 1 gelas air bersih dingin. Aduk hingga tercampur rata. Basuh dengan kain lembut noda yang ada pada meja marmer dengan larutan tersebut hingga bersih. Bilas dengan air bersih, dan keringkan segera dangan kain kering agar tidak ada bekas sabun yang tertinggal.
3.      Jeruk nipis dan garam
Cara membersihkan noda marmer pada meja dapur yang paling sederhana dan aman adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. Kedua bahan ini bisa digunakan untuk membersihkan noda bekas makanan serta noda berlemak. Caranya adalah dengan membuat larutan yang terdiri dari air perasan jeruk nipis dan garam. Bisa juga denagn mengusapkan langsung jeruk nipis yang sudah dibelah pada permukaan meja marmer yang bernoda. Namun usahakan agar tidak ada goresan dari kulit jeruk. Bilas hingga bersih dan segera keringkan.
4.      Pencuci piring
Sabun pencuci piring juga menjadi bahan yang aman untuk membersihkan noda pada meja marmer di dapur karena relatif tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Cara membersihkan meja marmer dengan bahan pencuci piring sama dengan ketika mencuci piring, yaitu dengan membuat larutan dari air dan cairan pencuci piring. Aduk larutan hingga rata, dan gunakan kain mikrofiber untuk mengusap larutan pada permukaan marmer yang kotor. Sabun pencuci piring bisa menghilangkan noda dari bekas makanan dan minuman yang tumpah di atas marmer.
5.      Tepung maizena
Tepung maizena yang bisa menyerap minyak, aman untuk digunakan di atas marmer. Jika ada noda tumpahan minyak, segera taburi dengan tepung maizena di atasnya. Tunggu hingga minyak terserap, kemudian bersihkan dengan air. Keringkan dengan kain kering.

Itulah cara membersihkan meja marmer di dapur beserta jenis-jenis noda yang bisa mengganggu keindahan meja dapur yang terbuat dari marmer. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

About Us

SURABAYA MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit Surabaya dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak