Cara Pasang Granit Tanpa Nat Agar Hasilnya Terlihat Lebih Cantik - Surabaya Marmer, Surabaya Granit, Jual Granit Surabaya, Supplier Granit Surabaya, Supplier Marmer

Cara Pasang Granit Tanpa Nat Agar Hasilnya Terlihat Lebih Cantik

Cara pasang granit tanpa nat banyak yang mencari karena ingin tahu proses pemasangan granit dengan yang seminimal mungkin. Seperti yang diketahui, granit sedang menjadi bahan yang popular untuk dijadikan pelapis baik itu lantai maupun dinding. Bahkan tidak hanya rumah saja, namun sekarang sudah banyak bangunan komersial yang memilih menggunakan bahan granit sebagai pelapis ruangan utama mereka. Tidak hanya karena bahan granit terlihat cantik dan menarik namun juga karena dengan tambahan granit sebagai pelapis dinding dan lantai ruangan maka ruangan tersebut akan terlihat lebih mewah. Inilah salah satu alasan kenapa bahan granit sekarang sedang sangat naik daun.
Inspirasi dan cara pasang granit tanpa nat yang benar
Sekarang mari kita bahas mengenai cara pemasangan granit yang benar untuk lantai rumah atau bangunan komersial lainnya. Karena ditujukan untuk memasang pada lantai rumah maka cara memasangnya akan menggunakan cara pemasangan basah. Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk memasangkan granit pada lantai:
1.      Persiapan alat serta bahan
Awalnya tentu Anda perlu mempersiapkan semua alat serta bahan yang akan digunakan dalam proses pemasangan granit ini. Hal ini penting dilakukan sejak awal agar proses pemasangan menjadi lebih lancar dan Anda tidak perlu direpotkan dengan mencari-cari alat di tengah-tengah proses pemasangan.
2.      Persiapan granit
Setelah persiapan alat dan bahannya selesai, selanjutnya Anda juga harus mempersiapkan granitnya. Rabalah permukaan granit yang akan dipasang tersebut untuk memastikan tidak ada goresan pada permukaannya. Lihat juga bahan granit tersebut jangan sampai ada granit yang retak. Jika granit yang retak dipasang maka nanti granit tersebut akan mudah pecah. Biasanya supplier bahan granit akan memberikan garansi jika terdapat masalah pada barang yang Anda terima, sehingga akan diganti dengan bahan kualitas granit yang baru.
3.      Periksa warna granit
Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa keindahan bahan granit adalah dari warnanya sendiri. Namun bahan granit sendiri memiliki kombinasi warna yang sangat beragam. Karena itulah Anda harus memastikan semua bahan granit yang akan dipasang menggunakan pemasangan granit sistem basah ini memiliki warna yang seragam. Dengan warna yang seragam maka hasilnya akan terlihat menyatu dan lebih cocok satu dengan lainnya.
4.      Gambar pola
Untuk memudahkan pemasangan bahan granit ke permukaan yang diinginkan maka sebaiknya gambarlah pola sesuai dengan ukuran bahan granit tersebut. Mulailah dengan menggambar pola di bagian tengah ruangan agar ukuran granit yang digunakan pada bagian ini utuh. Terkadang ada ruangan yang ukurannya tidak seimbang sehingga perlu dilakukan pemotongan pada bahan granit agar lebih sesuai dengan sisa permukaan yang tersedia.
Untuk menghindari penggunaan bahan granit yang dipotong ini agar posisinya tidak berada di tengah ruangan maka penggambaran pola lebih baik dilakukan mulai dari bagian tengah ruangan. Untuk menggambarnya dengan lebih mudah Anda dapat menggunakan tali berkapur sehingga tinggal menjepretkannya saja untuk membuat garis lurus.
5.      Persiapan cairan perekat
Untuk memasang bahan granit ke lantai menggunakan sistem basah maka Anda memerlukan cairan perekat. Ada dua macam cairan perekat yang bisa digunakan, pertama adalah cairan perekat yang terbuat dari campuran pasir serta semen, dan yang kedua adalah cairan perekat yang terbuat dari semen instant.
Buatlah cairan ini sesuai dengan komposisinya masing-masing kemudian sebagai trik cara pasang granit maka oleskanlah cairan perekat tersebut ke permukaan lantai yang ingin dipasang bahan granit menggunakan roskam bertakik. Pastikan olesan memiliki ketebalan yang cukup sehingga ujung takik tidak akan menyentuh dasar lantai saat membuat lubang garisnya.
6.      Pemasangan bahan granit
Langsung setelah cairan perekat dioleskan ke permukaan lantai yang ingin dipasang bahan granit langsung tempelkan bahan granit sesuai dengan polanya. Ingat bahwa Anda perlu memasangkan bahan granit secara vertikal baru ke arah horizontal. Karena untuk pemasangan ini diinginkan jarak nat granit yang sangat minimal atau bahkan hampir tanpa nat maka Anda harus memasangkan bahan granit secara vertical sebanyak 3 baris dulu.
7.      Finishing
Perlu diingat bahwa untuk dapat melakukan finishing maka Anda harus menunggu terlebih dahulu sampai cairan perekat yang digunakan benar-benar kering. Jika Anda menggunakan cairan perekat yang yang terbuat dari campuran pasir serta semen maka Anda harus menunggu terlebih dahulu selama empat sampai lima hari sampai cairan perekat tersebut mengering. Namun jika Anda menggunakan cairan perekat yang terbuat dari semen instant maka hanya harus menuggu selama dua sampai tiga hari sampai cairan tersebut mengering. Cara pemasangan granit lantai ini dapat diakhiri dengan melakukan finishing yang diinginkan.

Demikianlah cara pasang granit tanpa nat yang bisa Anda lakukan jika ingin menggunakan bahan granit untuk melapisi permukaan lantai atau dinding namun tidak ingin menggunakan nat.

No comments:

Post a Comment

About Us

SURABAYA MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit Surabaya dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



Popular Posts

Formulir Kontak