Tips Cara Menggunakan Marmer untuk Dinding Luar Rumah - Surabaya Marmer, Surabaya Granit, Jual Granit Surabaya, Supplier Granit Surabaya, Supplier Marmer

Tips Cara Menggunakan Marmer untuk Dinding Luar Rumah

Marmer untuk dinding luar dapat menjadi salah satu pilihan atau alternatif penghias rumah untuk menciptakan kesan yang elegan dan menawan. Marmer yang digunakan sebagai bahan pelapis dinding eksterior, akan memberikan kesan yang kokoh dan mewah.
Tips Mengaplikasikan Marmer untuk Dinding Luar
Marmer digunakan sebagai bahan pelapis dinding luar adalah berkaitan dengan karakteristik fisiknya yang unggul dan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap panas matahari. Marmer tidak mudah memuai dan menyusut. Struktur fisiknya cenderung tidak mudah berubah. Selain itu marmer juga mudah dibersihkan dan tahan terhadap api. Marmer juga mudah dipotong, sehingga akan fleksibel terhadap detail arsitektural.
Penggunaan marmer untuk eksterior tetap harus dilakukan dengan cara-cara yang tepat. Berikut ini ada beberapa tips jika ingin mengaplikasikan marmer sebagai bahan pelapis dinding luar rumah.
  1. Pemilihan marmer yang berkualitas
Penggunaan marmer untuk dinding luar rumah seharusnya menggunakan marmer yang berkualitas tinggi. Marmer yang berkualitas akan lebih padat strukturnya, sehingga tidak mudah menyerap air. Marmer yang kualitasnya rendah akan mudah menyerap air, sehingga kemungkinan besar permukaan marmer bisa memudar warnanya. Namun jika memang terpaksa harus menggunakan marmer yang berkualitas rendah, ada baiknya melakukan pemolesan agar marmer lebih tahan lama.
  1. Corak dan warna yang sesuai
Marmer memiliki beragam warna dan corak yang bisa dipilih. Untuk dinding luar rumah, penggunaan marmer yang kaya corak bisa dilakukan, mengingat marmer biasanya hanya dijadikan aksen penghias dinding luar rumah. Warna marmer yang sesuai juga perlu dilakukan pemilihan. Jika rumah dominan menggunakan cat berwarna gelap, pilihlah marmer yang berwarna terang untuk penyeimbang. Jika cat luar rumah lebih dominan berwarna terang, penggunaan marmer berwarna gelap akan tampak lebih manis.

  1. Cari referensi arsitektur
Pencarian referensi batu marmer untuk rumah juga perlu dilakukan sebelum menentukan pilihan. Beberapa referensi mengenai marmer bisa didapatkan di internet atau majalah. Bila perlu, konsultasikan dengan para desainer atau arsitek mengenai pemasangan dan pemilihan marmer sebagai bahan pelapis dinding luar rumah. Kesalahan terhadap penentuan desain akan berakibat fatal dan merugikan. Bukan hanya dari tampilan visual saja, melainkan merugikan juga dari segi finansial.
  1. Sesuaikan dengan harga
Karena marmer adalah bahan yang cukup mahal, selalu cari tahu harga marmer di pasaran. Sesuaikan harga tersebut dengan biaya yang diagendakan. Cari tahu juga biaya jasa pemasangan dan pemolesan marmer sebagai referensi agar tidak terjadi pembengkakan biaya di belakang nanti.
  1. Lakukan pemolesan
Penggunaan marmer untuk dinding rumah juga perlu dilakukan pemolesan. Hal ini bertujuan untuk melindungi marmer dari kotoran dan juga kelembaban yang tinggi. Selain itu, pemolesan juga akan membuat permukaan marmer mengkilap.
Merawat Marmer Dinding Luar
Jika sudah menerapkan marmer sebagai pelingkup dinding luar rumah, perawatan harus dilakukan dengan baik agar kualitas marmer tetap terjaga. Cara merawat marmer dinding luar rumah adalah sebagai berikut.
  1. Lakukan pembersihan secara teratur
Marmer harus dibersihkan secara rutin dan teratur. Hal ini bertujuan untuk menghindari debu atau kotoran dari luar. Apalagi jika marmer dipasang di luar rumah. Lakukan pembersihan terhadap dinding marmer secara rutin. Jadwalkan pembersihan marmer, misalnya setiap pagi atau setiap dua hari sekali. Hal ini akan meminimalkan kerusakan dan kesan kotor pada marmer.
  1. Lakukan pembersihan dengan benar
Upaya pembersihan marmer pun harus dilakukan dengan cara-cara yang benar. Gunakan kain pel atau kain lap yang berserat halus untuk meminimalkan risiko goresan. Usap permukaan marmer dengan cara yang lembut. Jangan gosok marmer dengan sikat atau kain pel yang kasar. Selain itu, selalu bilas marmer yang sudah dibersihkan dengan air bersih.
  1. Jangan gunakan cairan kimia pembersih lantai
Hal terpenting untuk merawat marmer dinding luar adalah jangan menggunakan cairan kimia untuk membersihkan marmer. Hindari pemakaian sabun pel lantai keramik, karena pembersih keramik biasanya mengandung zat asam yang akan membuat permukaan marmer menjadi kusam. Gunakan saja sabun khusus pembersih marmer karena pH-nya cenderung netral.
  1. Hindari benturan
Sebisa mungkin, hindari benturan pada marmer, entah itu benturan karena benda tajam ataupun karena benda tumpul. Walau marmer memiliki daya tahan yang tinggi, lapisan marmer sangat mudah tergores. Apalagi jika marmer tidak diberi lapisan poles yang baik.
  1. Lakukan pemolesan secara berkala
Untuk marmer yang dipoles, biasanya pemolesan itu tidak bertahan seumur hidup. Tergantung kualitas polesan. Maka, lakukan pemolesan terhadap marmer dinding luar rumah secara berkala. Misalnya satu tahun sekali atau enam bulan sekali. Tujuannya untuk menjaga kualitas marmer dinding luar.
Demikianlah tips memilih marmer untuk dinding luar rumah serta cara merawat marmer. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

About Us

SURABAYA MARMER GRANIT

Kami adalah Supplier Marmer dan Granit Surabaya dengan skala besar, Siap memberikan harga Marmer terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]mail.com



DMCA.com Protection Status

Popular Posts

Formulir Kontak